partikel ga (setsuzokujyoshi)

Dalam bahasa jepang ada dua macam partikel ga. Yang pertama adalah partikel ga yang termasuk kelompok kakujyoshi dan yang kedua adalah partikel ga yang termasuk kelompok setsuzokujyoshi. Partikel ga yang termasuk kelompok setsuzokujyoshi mempunyai fungsi yang hampir sama dengan partikel keredomo.

Partikel ga yang yang termasuk kelompok setsuzokujyoshi sering dipakai setelah : 1=verba bentuk kamus. 2=adjectiva~i bentuk kamus. 3=adjectiva~na bentuk biasa (ditambah da) atau verba bantu da/datta/deshita, masu/mashita.

  1. Partikel ga dapat menggabungkan dua bagian kalimat untuk menyatakan bahwa bagian kalimat yang ada sebelumnya merupakan ungkapan penjelasan, tambahan atau pengantar bagi bagian kalimat berikutnya.
    1. Shitsurei desu ga, nansai desu ka=permisi/maaf, usia anda berapa?
    2. Yuubinkyoku he ikitai desu ga, michi wo oshiete kudasai=ingin pergi ke kantor post, tolong beritau jalannya.
    3. Sumimasen ga, chotto denwa wo kashite kudasaimasen ka=permisi/maaf, apakah boleh saya meminjam teleponnya sebentar?
    4. Hisashiburi desu ga, ogenki desu ka=sudah lama tidak berjumpa/bertemu, bagaimana kabarnya?

 

  1. Partikel ga dapat dipakai untuk menggabungkan dua bagian kalimat yang tidak sepadan atau dua bagian kalimat yang berlawanan.
    1. Hiru ha atatakai desu ga, yoru ha samui desu=siang harinya panas/hangat, tetapi pada malam harinya dingin.
    2. Enpitsu ha arimasu ga, mannenhitsu ha arimasen=ada sebuah pensil/potlot, tetapi tidak ada bulpen.
    3. Kinou ha ii tenki deshita ga, kyou ha ame desu=kemarin cuacanya terang/cerah, tetapi hari ini turun hujan.
    4. Yuki ha furimasu ga, samukunai desu=meskipun turun salju, tidak dingin.
    5. Tanaka san ha karada ha chisai desu ga, chikara ga aru=meskipun badan/tubuh nya saudara tanaka kecil, tetapi memilki tenaga/kuat.

 

Partikel ga pada kalimat 1, 2 dan 3 dipakai untuk menyatakan bahwa bagian kalimat pertama tidak sepadan atau bahkan berlawanan  dengan bagian kalimat berikutnya. Sedangkan partikel ga pada kalimat 4 dan 5 dipakai untuk menyatakan bahwa bagian kalimat setelah partikel ga merupakan keadaan yang tidak pantas atau tidak biasa terjadi. Sesuai dengan keadaan yang dijelaskan pada bagian kalimat sebelumnya.

 

  1. Partikel ga dapat dipakai untuk manggabungkan dua bagian kalimat yang setara untuk menyatakan bahwa bagian kalimat pertama merupakan penjelasan tambahan bagi bagian kalimat berikutnya. Atau sebaliknya, bagian kalimat yang berikutnya merupakan penjelasan tambahan bagi bagian kalimat sebelumnya.
    1. Iro mo yoi ga kaori mo yoi=warna dan baunya harum.
    2. Yuki mo furimashita ga, kaze mo fukimashita=saljunya turun dan juga anginnya bertiup kencang.

 

  1. Partikel ga dapat dipakai pada akhir kalimat seperti pada kalimat~kalimat dibawah ini. Partikel ga pada kalimat 1 dan 2 dipakai untuk menghentikan kalimat sebagai cara untuk menyatakan harapan atau keinginan pembicara.  Sedangkan partikel ga pada kalimat 3 dan 4 dipakai untuk menghentikan kalimat sebagai cara untuk meminta pendapat atau tanggapan dari lawan bicara.
    1. Ame ga yameba iinda ga=jika hujannya berhenti alangkah bagusnya/baiknya. (alangkah bagusnya/baiknya jika hujannya berhenti).
    2. Umaku ikeba iin desu ga=jika sesuai dengan harapan alangkah baiknya/bagusnya. (alangkah baiknya/bagusnya jika rencananya berjalan sesuai dengan rencana).
    3. Onengai shitai koto ga aru no desu ga=apakah boleh saya meminta bantuannya? (jika tidak berkeberatan apakah boleh saya meminta tolong?).
    4. Moshi~moshi, kochira ha tanaka de gozaimasu ga=halo (pembicaraan di dalam telepon), disini saya yang bernama tanaka.

About bambang7714

来年もいい事ありましょうに 今まで独身ですが早く結婚したいと思いました. Suka sekali dengan kebudayaan Jepang, dan saat ini saya mengajar sebagai guru bahasa Jepang di kota Surabaya. (電話番号=0315966492又 は=03171744155/085655445177). Untuk yang ingin mengambil jurusan sastra jepang dapat belajar bahasa jepang dari dasar. Pembukaan les privat atau group untuk siswa smp~kuliah dan umum dimulai hari senin~hari sabtu. Dari pukul 9:00~20:00.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s