Facebook


st1\:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

『Orang Jepang dan agama Kristen』

Agama Kristen di perkenalkan di Jepang yahun 1549. Pada tahun itu, Francisco de Xavier dari Serikat Yesus yang berlabuh di Kagoshima, Kyushu, datang ke Kyoto untuk memperoleh ijin dari Kaisar guna menyebarkan agama Kristen, tetapi keinginannya tersebut tidak dikabulkan. Sesudah itu, Pastor lain pun datang ke Jepang menyebarkan agamanya di wilayah Kyushu, chugoku dan kinki yang membuat penganutnya lambat laun bertambah banyak. Dalam kurun waktu 30 tahun semenjak dimulainya penyebaran agama tersebut, penganutnya sudah mencapai sekitar 150.000 orang.

Hideyoshi Toyotomi yang semula bersikap ramah terhadap agama Kristen mulai melakukan penindasan pada akhir abad 16. Kemudian, penindasan ini dilanjutkan oleh pemerintahan Edo yang mengeluarkan perintah pelarangan agama Kristen. Kebebasan beragama baru diperbolehkan sesudah masuknya Zaman Meiji.

Sesudah Zaman Meiji pun agama Kristen sulit mengakar, agama Kristen kuat karena memberikan sumbangan pada pendemokrasian masyarakat. Umpamanya, usaha kesejahteraan sosial dimulai oleh Kristen dan pemikirannya juga progresif juga diperkenalkan oleh Kristen. Tambahan pula, pengenalan Ilmu Budaya Marx dan pendirian serikat buruh di Jepang dilakukan oleh kaum cerdik pandai Kristen.

Jumlah penganut Kristen di Jepang lebih dari sejuta orang. Sangat sedikit dibandingkan dengan penganut agama Shinto yang melebihi jumlah 30 juta orang dan penganut Budha yang sekitar 60 juta orang. Seorang pendeta mengemukakan 3 alasan mengapa sedikitnya penganut Kristen di Jepang.

1. Agama seperti Shinto dan Budha yang lama hadir di Jepang sudah kuat mengakar dalam kehidupan. Oleh karena itu, agama Negara asing yang datang dari luar tidak bisa diterima.

2. Sedari zaman Meiji sudah ada pandangan bahwa hal~hal yang tidak sejalan dengan logika tidak bisa di terima. Misalnya, tentang kelahiran dari seorang Perawan, Kebangkitan dan lain sebagainya.

3. boleh jadi karena pragmatisme yang berasal dari Amerika yang memandang bahwa sesuatu yang tidak menguntungkan atau tidak mendatangkan uang tidak perlu di perbuat.

Mengenai peningkatan agama Kristen di Jepang dari sekarang bernuansa negative. Agama Kristen bersifat individu dimana perorangan berhubungan secara ketat dengan Tuhannya. Sementara itu, di Jepang orang~orang berhubungan dengan agama pada tataran keluarga. Agama Jepang adalah “agama rumah” karena agama campuran, yakni pagi harinya pergi ke biara sedangkan malam harinya pergi ke kuil. Penulis buku “Nihonjin to Yudayajin” juga menyatakan bahwa karena “Agama Jepang” tidak menempatkan Tuhan sebagai pusat, melainkan hanya sebagai manusia, orang Jepang sukar memahami agama Kristen.

“Bahasa Jepang”

Nihon ni kirisutokyou ga denrai shita no ha sengohyakuyonjyuukyuunen de aru. Sono toshi iezusukai no Furanshisuko Zabieru ha, kyuushuu no kagoshima ni touchaku shi, Tennou ni fukyou no kyoka wo eyou to Kyouto ni kita ga, mokuteki wo hatasenakatta. Sono go mo senkyoushi ga rainichi shite, kyuushuu, chuugoku, kinki chihou de fukyou shita no de, shinjya mo jyojyo ni fuete itta. Fukyou kaishigo sanjyuuenen de shinjyasuu ha jyuugomannin hodo ni natte ita.

日本にキリスト教が伝来したのは千五百四十九年である. その年イェズス会のフランシスコザビエルは, 九州の鹿児島に倒着し, 天皇に布教の許可を得ようと京都に来たが, 目的を果たせなかった. その後も宣教師が来日して, 九州, 中国, 近畿地方で布教したので, 信者も徐々に増えていた. 布教開始後三十年で, 信者数十五万人ほどに成っていた.

Tosho Kirishitan ni kouiteki datta Toyotomi Hideyoshi ga hakugai wo hajimeta no ha jyuurokuseiki no owari goro de, sono ato no Edo bakufu mo kinkyourei wo dashite, kirisutokyou wo hakugai shita. Shinkou ni jiyuu ga kyoka sareta no ha Meiji jidai ni natte kara de atta.

当初キリタンに好意的だった豊臣秀吉が迫害を始めたのは十六世紀の終わりごで, その後の江戸幕府も禁教令を出して, キリスト教を迫害した. 信仰に自由が許可されたのは明治時代に成ってからであった.

Shikashi Meiji jidai ikou mo kirisutokyou ga teichaku suru no ha muzukashikatta ga, ichido teichaku shita kirisutokyou ha tsuyoku, shakai no minshuka ni kouken shita. Tatoeba shakai fukushi jigyou ha Kurisuchan ga hajimeta shi, shinpoteki na kangaekata wo shoukai shita no mo Kurisuchan de atta. Mata Marukusu keizaikagaku wo shoukai shitari, Nihon no roudou kumiai wo tsukutta no mo Kirisutokyouto no chishikijintachi de atta.

しかし明治時代以降もキリスト教が定着するのは難しかったが, 一度定着したキリスト教は強く, 社会の民主化に貢献した. 例えば社会福祉事業はクリスチャンが始めたし, 進歩的な考え方を紹介したものクリスチャンであった. またマルクス経済科学を紹介したり, 日本の労働組合を紹介したり, 日本の労働組合を作ったのもキルスト教徒の知識人たちであった.

Genzai Kirisutokyouto no kazu ha hyakumannin wo koete iru ga, shintou no shinjya ga sanzenman ijyou. Bukkyou ha rokusenmannin gurai dakara, sono kazu ha hijyou ni sukunai to ieru.

現在キリスト教徒の数は百万人を越えているが, 神道の信者が 三千万以上. 仏教は六千万人ぐらいだから, その数は非常に少ないと言える.

Nihon de Kurisuchan ga sukunai koto ni tsuite, aru kyoukai no bokushi ha mittsu no riyuu wo agete iru. Ichi, Nihon ni ha mukashi kara shuukyou, tatoeba bukkyou ya Shintou ga, fukaku mudo to shite seikatsu no naka ni aru kara, hoka no gaikoku no shuukyou ha uketsukeru koto ga dekinai. Ni, Meiji jidai kara, rikutsu ni awanai koto ha uketsukenai to iu kangaekata ga dekite iru. Tatoeba shojyo koutan, fukkatsu nado. San, Amerika no Puragumatizumu no eikyou kara ka, okane ni naranai, moukaranai koto ha shinai to iu kangaekata ga aru.

日本でクリスチャンが少ない事について, ある教会の牧師は三つの理由を挙げている. , 日本は昔から宗教, 例えば仏教や神道が, 深くム~ドとして生活の中にあるから, 外の外国の宗教は受け付ける事が出来ない. , 明治時代から, 理屈に合わない事は受け付けないと言う考え方が出来ている. 例えば処女降誕, 復活など

. , アメリカのプラガムティズムの影響からか, お金に成らない, 儲からない事しないと言う考え方かある.

Korekara Nihon de Kurisuchan ga fueru ka ni tsuite ha hikanteki de aru. Nihon no ha ie no shuukyou de atte, asa ha jinjya ni itte, yoru ha otera ni iku to iu you na mikkusu shuukyou da kara de aru. “Nihonjin to Yudayajin” no chosha mo Nihon no shuukyou wo kami ga chuushin de ha nai, ningen ga chuushin no Nihonkyou da kara, Nihonjin ni ha Kirisutokyou ga wakaranai to itte iru.

これからにほんクリスチャンが増えるかについては悲観的である. 日本は家の宗教であって, 朝は神社に行って, 夜はお寺に行くと言うようなミックス宗教だからである. 日本人とユダヤ人の著者も日本の宗教を神が衷心ではない, 人間が衷心の日本教だから, 日本人にはキリスト教が分からないと言ってる.

About bambang7714

来年もいい事ありましょうに 今まで独身ですが早く結婚したいと思いました. Suka sekali dengan kebudayaan Jepang, dan saat ini saya mengajar sebagai guru bahasa Jepang di kota Surabaya. (電話番号=0315966492又 は=03171744155/085655445177). Untuk yang ingin mengambil jurusan sastra jepang dapat belajar bahasa jepang dari dasar. Pembukaan les privat atau group untuk siswa smp~kuliah dan umum dimulai hari senin~hari sabtu. Dari pukul 9:00~20:00.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s